LAMBORGHINI MURCIELAGO SV
adalah mobil sport dua pintu yang dibuat oleh perusahaan otomotif Italia, yaitu Lamborghini dari tahun 2001 sampai 2010. Sebagai pengganti Diablo sebagai mobil termahal di perusahaan ini, Murciélago diperkenalkan sebagai sebuah coupé pada tahun 2001. Selain desainnya yang baru dalam kurun waktu 11 tahun, mobil ini juga merupakan model pertama di bawah kepemilikan perusahaan induk Jerman, yaitu Audi, yang dimiliki oleh Volkswagen. Mobil ini didesain oleh Luc Donckerwolke, desainer mobil Lamborghini dari tahun 1998 sampai 2005.
Versi roadster diperkenalkan pada pada tahun 2004, diikuti oleh LP 640 and LP 650-4 yang diproduksi secara terbatas. Varian terakhir untuk memakai papan nama Murciélago adalah LP 670-4 SuperVeloce. Produksi Murciélago berakhir pada tanggal 5 November 2010, dengan total 4.099 mobil yang telah dibuat. Penerusnya, yaitu Aventador, diluncurkan padaGeneva Motor Show tahun 2011.
Masa dalam produksi | 2001–2010 4.099 unit diproduksi |
---|---|
Perakitan | Sant'Agata Bolognese, Italia |
Model berikutnya | Lamborghini Aventador |
Kelas | Mobil sport |
Bentuk kerangka | Coupé 2-pintu Roadster 2-pintu |
Layout | Mesin tengah, penggerak empat roda |
Mesin | 6.2 L V12 (572 HP) 6.5 L V12 (640 HP) 6.5 L V12 (650 HP) 6.5 L V12 (670 HP) |
Transmisi | Manual 6-kecepatan Semi-otomatis E-Gear 6-kecepatan |
Jarak sumbu roda | 2,665 mm (104.9 in) |
Panjang | 2002–2006: 4,580 mm (180.3 in) 2007–2010: 4,610 mm (181.5 in) |
Lebar | 2002–2006: 2,045 mm (80.5 in) 2007–2010: 2,057 mm (81.0 in) |
Tinggi | 1,135 mm (44.7 in) |
Berat kosong | 1,650 kg (3,638 lb) 1,665 kg (3,671 lb) (LP 640) 1,565 kg (3,450 lb) (LP 670–4 SV) |
Mobil terkait | Lamborghini Reventón |
Desainer | Luc Donckerwolke |
Model sebelumnya | Lamborghini Diablo |
LAMBORGHINI AVENTADOR
adalah mobil sport yang diluncurkan oleh Lamborghini di Geneva Motor Show pada tanggal 28 Februari 2011, 5 bulan setelah pengenalan pertamanya di Sant'Agata Bolognese. Dengan kode mobil LB834, mobil ini menggantikan Murciélago sebagai mobil termahal di perusahaan ini. Setelah peluncuran Aventador, Lamborghini mengumumkan bahwa mereka telah menjualnya lebih dari 12 bulan dari kendaraan produksi, dengan pengiriman dimulai pada semester kedua tahun 2011.
Masa dalam produksi | 2011-sekarang |
---|---|
Perakitan | Sant'Agata Bolognese, Italia |
Kelas | Mobil sport |
Bentuk kerangka | Coupé 2-pintu Roadster 2-pintu |
Layout | Mesin tengah, penggerak empat roda |
Mesin | 6.5 L V12 (700 HP) 6.5 L V12 (720 HP) |
Transmisi | Semi-otomatis 7-kecepatan |
Jarak sumbu roda | 2,700 mm (106.3 in) |
Panjang | 4,780 mm (188.2 in) |
Lebar | 2,030 mm (79.9 in) |
Tinggi | 1,136 mm (44.7 in) |
Berat kosong | 1,575 kg (3,472 lb) |
Desainer | Filippo Perini |
Model sebelumnya | Lamborghini Murciélago |
LAMBORGHINI GALLARDO
amborghini Gallardo ( /ɡaɪˈjɑrdoʊ/; bahasa Italia: [ɡaʎˈʎardo]) adalah sebuah mobil sport yang dibuat oleh Lamborghini, sebuah mobil yang paling laku di perusahaan dengan 10.000 unit yang telah dibuat dalam 7 tahun produksi pertamanya dan 14.022 unit telah diproduksi selama masa produksinya. Mobil ini dinamakan setelah nama seekor banteng petarung yang terkenal. Pada tanggal 25 November 2013, Gallardo terakhir telah keluar dari pabrik; mobil ini adalah Gallardo LP 570-4 Spyder Performante dalam warna merah yang dinamakan Rosso Mars yang telah dibeli oleh seorang kolektor. Pendahulu mobil ini adalah Jalpa, sedangkan penerusnya adalah Huracán.
Sumber: Wikipedia
Masa dalam produksi | 2003–2013 14.022 unit diproduksi. |
---|---|
Model untuk tahun | 2004–2013 |
Perakitan | Sant'Agata Bolognese, Italia |
Model berikutnya | Lamborghini Huracán |
Kelas | Mobil sport |
Bentuk kerangka | Coupé 2-pintu Roadster 2-pintu |
Layout | Mesin tengah, penggerak roda belakang Mesin tengah, penggerak empat roda |
Mesin | 5,0 L V10 5,2 L V10 |
Transmisi | Manual 6-kecepatan Semi-otomatis E-Gear 6-kecepatan |
Jarak sumbu roda | 2,560 mm (100.8 in) |
Panjang | 4,300–4,386 mm (169.3–172.7 in) |
Lebar | 1,900 mm (74.8 in) |
Tinggi | 1,165 mm (45.9 in) (coupé) 1,184 mm (46.6 in) (spyder) |
Berat kosong | 1,520–1,430 kg (3,351–3,153 lb) (coupé) 1,570–1,485 kg (3,461–3,274 lb) (spyder) |
Mobil terkait | Audi R8 Lamborghini Concept S |
Desainer | Luc Donckerwolke Giorgetto Giugiaro (generasi kedua) |
Model sebelumnya | Lamborghini Jalpa |
0 komentar:
Posting Komentar